Binkam

Polsek Labuapi Patroli dan Amankan Tradisi Mandi Safar, Ini Pesan-pesan Kamtibmasnya

×

Polsek Labuapi Patroli dan Amankan Tradisi Mandi Safar, Ini Pesan-pesan Kamtibmasnya

Sebarkan artikel ini
Mandi Safar di Pantai Kuranji, Polsek Labuapi Siap Jaga Kamtibmas

Labuapai, Lombok Barat – Polsek Labuapi melaksanakan patroli dan pengamanan tradisi mandi safar atau rebo bontong di wilayah hukumnya. Bertempat di Pantai Kuranji Bangsal Desa Kuranji Dalang Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat, pada Rabu (13/9/2023).

Tradisi mandi safar adalah ritual tahunan yang dilakukan oleh masyarakat setempat untuk membersihkan diri. Dari segala kotoran dan dosa, serta memohon keselamatan dan kesejahteraan kepada Tuhan. Tradisi ini biasanya dilakukan pada hari Rabu terakhir di bulan Safar menurut kalender Hijriyah.

Kapolsek Labuapi Iptu M. Baejuli, SH. mengatakan bahwa kegiatan patroli dan pengamanan ini bertujuan untuk menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. Serta memberikan pelayanan kepada masyarakat yang melaksanakan tradisi mandi safar.

“Kami mengelilingi sekitar objek wisata pantai, kemudian berhenti di lokasi pantai tersebut untuk memantau situasi sekitar. Juga berdialog dengan beberapa pengunjung untuk memberikan pesan-pesan kamtibmas,” ungkapnya.

Agar menjaga anak-anak yang mandi di pantai dan memperhatikan serta menyimpan barang-barang berharga dengan aman. “Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” ujar Iptu M. Baejuli.

Ia menambahkan bahwa kegiatan ini juga sebagai bentuk sosialisasi pesan-pesan kamtibmas sebagai upaya pencegahan terjadinya tindak pidana. Seperti 3C (curas, curat, curanmor) dan tindak kejahatan lainnya.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat dapat merasakan kehadiran polisi sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat. Juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga keselamatan,” tutur Iptu M. Baejuli.

Dengan tetap mengawasi barang bawaan dan anak-nak yang tengah mandi di panti tetap dalam pengawasan orang tua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *