Binkam  

Jelang Gelaran MtoGP, Pelabuhan Lembar Siapkan Langkah Antisipasi Penonton yang Tiba

Lombok Barat, NTB – Menjelang MotoGP yang sebentar akan digelar di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, sehingga Pelabuhan Lembar sebagai salah satu pintu masuk mulai mempersiapkan diri.

Ini ditindaklanjuti dengan mengadakan pertemuan melibatkan berbagai pihak, membahas Standard Operating Procedure (SOP), Pelayanan Naik Turun Penumpang dan Bongkar Muat Kendaraan di Pelabuhan.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) Lembar R. Pradigdo, SE., mengatakan pertemuan ini merupakan tindaklanjut dari pertemuan sebelumnya di Kantor Bupati Lobar.

“Membahas mengenai kesiapan menyambut even MotoGP 2022, dimasa Pandemi, dimana nantinya ada tiga lokasi yang dibuka untuk Kapal Cruise yakni Batam, Benoa, Semarang,” ungkapnya.

Rencananya akan dibuka di Pelabuhan Lembar, sehingga diperlukan persiapan dan kesiapan yang matang dan pengamanan yang maksimal dari TNI-Polri dan seluruh instansi terkait.

“Pintu masuk Event MotoGP diantaranya, melalui Pelabuhan Lembar rute Lembar – Padangbai, Ketapang – Lembar dan Surabaya – Lembar,” jelasnya.

Selanjutnya di Terminal Gili Mas, Kapal Roro yang akan beroperasi, serta adanya hotel apung yang akan disiapkan oleh PT. Pelni, sehingga memerlukan pengaturan agar ketertiban tetap terjaga.

“Diharapkan ketertiban tetap terjaga, mulai dari ketika para penonton MotoGP turun Kapal, masuk terminal dan keluar Gili Mas sampai dengan sirkuit Mandalika perlu pengaturan,” imbuhnya.

 

Sementara itu, GM. PT Pelindo III Lembar Baharudin mengatakan, menyambut Event MotoGP Pelindo III sudah menyiapkan Dermaga Nusantara II

“Nantinya siap dijadikan sebagai tempat bongkaran Kapal Roro, yang kedalaman kolam 6-7 m, disana merupakan tempat bongkaran DLN dua Kapal, DLU dua Kapal dan Tilong Kabila PT. PELNI,” katanya.

  1. Pelindo III memiliki beberapa lokasi titik parkir, distribusi listrik yang lancar serta di backup oleh Genset dari PLN, serta ketersedian air bersih yang dikolaborasikan dengan pihak PDAM.

“Sedangkan di Terminal Gili Mas yang rutin datang bongkaran yakni Kapal dari PT. ALP ( KM. Mutiara barat dan KM. Mutiara Timur), selanjutnya Pelindo III akan lakukan pola pengaturan operasi Kapal khusus,” jelasnya.

Rencananya Kapal PELNI dijadikan sebagai Hotel Apung, nantinya dari pihak KKP Lembar yang akan mengatur bagaimana tehnis pemeriksaan kesehatan.

“Pemeriksaan kesehatan para penumpang dan penonton MotoGP Mandalika 2022,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.