Bali NusraBeritaBerita NTBLobarLombok BaratNTBNTB One TerkiniTerkiniTNI-Polri

Kemanunggalan TNI-Rakyat, Babinsa Gerimax Indah Ajak Warga Lestarikan Lingkungan dengan Penanaman Pohon

×

Kemanunggalan TNI-Rakyat, Babinsa Gerimax Indah Ajak Warga Lestarikan Lingkungan dengan Penanaman Pohon

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah erosi tanah, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Gerimax Indah, Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-08/Narmada bersama Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan warga laksanakan penanaman pohon di sepanjang bantaran sungai/kali Dusun Karang Anyar dan Dusun Montor, Desa Gerimax Indah, Kecamatan Narmada, Lombok Barat, Rabu (17/1/2024).

Penanaman pohon ini merupakan salah satu bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat, sekaligus mendukung program pemerintah dalam upaya pelestarian lingkungan. Pohon-pohon yang ditanam antara lain Pohon Kayu Putih, Kelengkeng, Alpukat, Pete, Kemiri, dan Pohon Mahoni.

Babinsa Gerimax Indah Sertu Borgias Anjasmara mengatakan, penanaman pohon ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir dan longsor. “Kami berharap dengan adanya penanaman pohon ini, bantaran sungai/kali dapat terlindungi dari erosi tanah dan dapat meningkatkan kualitas air,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Gerimax Indah Amal Suhardi mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa dan PPL bersama warga. Ia berharap, kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain untuk peduli terhadap lingkungan. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Babinsa dan PPL yang telah membantu kami dalam penanaman pohon ini. Kami berharap, pohon-pohon ini dapat tumbuh subur dan bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

“penanaman pohon di sepanjang bantaran sungai/kali kita lakukan juga dikarenakan berdekatan dengan pemukiman masyarakat yang tanah di pinggiran sungai labil karena tergerus aliran air saat musim hujan tiba, untuk itu penanaman pohon ini juga untuk mencegah terjadinya tanah amblas yang menjadi akses jalan usaha tani,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *