Binkam  

Masyarakat Dapat Edukasi dan Himbauan tentang Karhutla dari Polsek Kuripan

Polsek Kuripan Sosialisasikan Pencegahan Karhutla dan Patroli Rutin

KuripanLombok Barat – Polsek Kuripan melaksanakan kegiatan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan patroli rutin di wilayah hukum Polsek Kuripan. Kegiatan ini dilakukan pada hari Selasa, 26 September 2023, mulai pukul 10.30 Wita sampai selesai.

Kegiatan ini dipimpin oleh Kapolsek Kuripan Ipda Fahrizal Eko Suryanto, yang didampingi oleh anggota Polsek Kuripan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan himbauan kepada masyarakat tentang bahaya dan dampak Karhutla, serta cara-cara pencegahannya. “Kami mengajak masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan, baik untuk membuka lahan pertanian maupun untuk membersihkan lahan. Pembakaran hutan dan lahan dapat menyebabkan kerusakan lingkungan, polusi udara, gangguan kesehatan, serta kerugian ekonomi,” ujar Kapolsek.

Kegiatan sosialisasi pencegahan Karhutla dilakukan di Dusun Perendekan Desa Giri Sasak, yang dihadiri oleh perangkat desa, tokoh masyarakat, dan warga setempat. Selain memberikan materi sosialisasi, Polsek Kuripan juga membagikan pamflet yang berisi informasi tentang Karhutla dan nomor telepon yang dapat dihubungi jika ada kejadian atau indikasi Karhutla.

Selanjutnya, Polsek Kuripan melanjutkan kegiatan patroli dialogis di Dusun Aik Jambe Desa Kuripan Selatan, Dusun Blunsuk Desa Kuripan Timur, dan Bil 1 perbatasan Lombok Barat dengan Lombok Tengah. Dalam patroli dialogis ini, Polsek Kuripan berdialog dengan masyarakat tentang situasi kamtibmas di wilayah mereka, serta mengingatkan kembali tentang pencegahan Karhutla. “Kami berharap dengan adanya patroli dialogis ini, kami dapat menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik dengan masyarakat, serta menciptakan suasana yang kondusif dan aman di wilayah kami,” tutur Kapolsek.

Secara umum, kegiatan sosialisasi pencegahan Karhutla dan patroli rutin Polsek Kuripan berjalan lancar dan aman. Masyarakat mengapresiasi kegiatan ini dan berjanji akan mentaati himbauan dari Polsek Kuripan. Mereka juga berterima kasih kepada Polsek Kuripan atas perhatian dan pelayanan yang diberikan.