Dandim 1606 Mataram Berikan Pelatihan Kepemimpinan bagi Aparatur Pemerintah Desa

Mataram, NTB – Dalam upaya mendukung peningkatan kapasitas dan kemampuan aparatur pemerintah desa serta pengurus kelembagaan desa, Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 1606 Mataram, Letkol Arm Muh. Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han., memberikan pelatihan kepemimpianan yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri di Hotel Lombok Raya, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Rabu (20/9/2023).

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam hal kepemimpinan, tata kelola Pemerintahan Desa (Pemdes), serta peningkatan kapasitas pengelolaan kelembagaan desa.

Dalam sambutannya, Letkol Arm Muh. Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han., menggaris bawahi pentingnya peran aparatur Pemdes dan pengurus kelembagaan desa dalam memajukan desa.

Komandan Kodim (Dandim) 1606 Mataram, menekankan prinsip-prinsip kepemimpinan yang efektif yang dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat desa. “Pemdes memiliki peran kunci dalam pengembangan masyarakat di tingkat basis. Oleh karena itu, kita perlu memahami prinsip-prinsip kepemimpinan yang baik dan efektif untuk mencapai tujuan pembangunan desa,” kata Letkol Arm Muh. Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han.

Peserta pelatihan antusias mengikuti berbagai sesi materi yang disajikan oleh Dandim 1606 Mataram. Mereka juga berkesempatan untuk berdiskusi dan bertukar pengalaman dengan sesama peserta.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam memperkuat kapasitas dan kemampuan aparatur pemerintah desa serta pengurus kelembagaan desa dalam menjalankan tugas-tugas mereka untuk kemajuan desa,” pungkasnya.