Babinsa Gondang Dukung Pertanian Organik di Lombok Utara dengan Teknologi Modern

Lombok Utara, NTB – Dalam mempermudah dan mempercepat proses pengolahan lahan pertanian, penggunaan tekhnologi pertanian telah mulai diterapkan di beberapa wikayah, salah satunya yang dilakukan oleh Bintaran Pembina Desa (Babinsa) Gondang dari Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-10/Gangga turun langsung ke sawah untuk membajak lahan pertanian milik warga binaan di Dusun Karang Bedil, Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Lombok Utara, dengan menggunakan traktor, Rabu (6/9/2023).

Babinsa Gondang, Sertu Umar Hadi Saputra, memberikan dukungan dan motivasi kepada petani, dengan langsung membantu proses membajak sawah milik Amak Riyadi, yang juga salah seorang anggota Kelompok Tani (Poktan) “Subak Canging” yang menggarap lahan pertanian seluas 65 are.

Menurut Sertu Umar Hadi Saputra, “kehadiran kami tidak hanya membantu dalam proses membajak sawah, tetapi juga untuk memberikan motivasi dan semangat kepada petani agar mereka bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dengan memberikan informasi tentang pengelolaan lahan pertanian organik,” ucapnya.

Ia juga menekankan pentingnya meningkatkan ketahanan pangan di wilayah tersebut dengan terus memberikan info tentang pertanian Organik.

Pertanian organik merupakan teknik budidaya pertanian modern yang berorientasi pada pemanfaatan bahan-bahan alami (lokal) tanpa menggunakan bahan-bahan kimia sintesis seperti pupuk, pestisida (kecuali bahan yang diperkenankan),” jelasnya.

Riyadi, anggota Poktan Subak Canging, menyambut baik kehadiran Babinsa dan berencana melaksanakan program pertanian organik terdebut, dengan segera menanam bibit padi dan menggunakann pupuk organikn yang telah disiapkan. Ia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Babinsa dalam membantu membajak sawah mereka.