Dikes Lobar Gelar Tes Kebugaran bagi OPD Lingkup Pemerintahan

Lombok Barat, NTB – Dalam upaya untuk meningkatkan kesehatan dan kinerja pegawai pemerintahan, Dinas telur-untuk-cegah-stunting-ini-ceritanya/">posyandu-keluarga-alhidayah-2/">Kesehatan (Dikes) Lombok Barat (Lobar) menggelar tes kebugaran bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berada di lingkup pemerintahan. Tes kebugaran ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kebugaran fisik dan kesehatan pegawai serta memberikan pemahaman tentang pentingnya hidup sehat dan aktif.

Tes kebugaran ini dilaksanakan di Bencingah Agung, Giri Menang, Gerung Lobar. Sejumlah pegawai dari berbagai OPD di Lobar baik Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN hadir mengikuti tes ini.

Koordinator Promosi telur-untuk-cegah-stunting-ini-ceritanya/">posyandu-keluarga-alhidayah-2/">Kesehatan, Jiwa dan telur-untuk-cegah-stunting-ini-ceritanya/">posyandu-keluarga-alhidayah-2/">Kesehatan, Jasmani dan Olahraga¬† Dikes Lobar Muhammad Zainuddin, SKM., menjelaskan, “Kegiatan Tes Kebugaran bagi ASN dan Non ASN ini didukung dengan Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Pengukuran Kebugaran (SIPGAR). Jadi sebelum pelaksanaan kegiatan Peserta di haruskan memeriksa kesehatan mandiri oleh Petugas dan menyiapkan Aplikasi SIPGAR, jika memenuhi syarat peserta layak untuk mengikuti kebugaran,” ungkapnya, Jum’at (7/7/2023).

“Aplikasi SIPGAR merupakan aplikasi pencatatan pemeriksaan kondisi fisik seseorang yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu dengan menggunakan metode Rockport. Aplikasi ini dapat diunduh di platform Playstore, sehingga semakin mudah digunakan untuk olahraga di mana pun dan kapan pun,” jelasnya.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Kepala Dikes (Kadikes) Lobar Arief Suryawirawan, S.Si., Apt., MPH., menyampaikan, “pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran fisik dalam menjalankan tugas sebagai aparatur pemerintahan. Ia juga menekankan bahwa pegawai yang memiliki kondisi fisik yang baik akan mampu bekerja lebih efektif dan efisien,” tegasnya.

Setelah sambutan, para pegawai OPD kemudian dikelompokkan sesuai dengan unit kerja masing-masing untuk mengikuti serangkaian tes kebugaran. Para peserta diberikan pengarahan tentang pentingnya menjaga pola hidup sehat melalui olahraga teratur, pola makan seimbang, dan istirahat yang cukup.

Selama tes kebugaran, para pegawai diberikan kesempatan untuk menunjukkan kemampuan fisik mereka melalui berbagai aktivitas seperti lari, push-up, sit-up, dan tes kardiorespirasi. Hasil tes ini akan dijadikan acuan untuk mengidentifikasi tingkat kebugaran fisik setiap pegawai dan memberikan rekomendasi serta saran terkait program kesehatan yang sesuai untuk diterapkan di lingkungan kerja.

Diharapkan melalui tes kebugaran ini, para pegawai OPD di Lobar akan semakin menyadari pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran fisik serta memotivasi mereka untuk mengadopsi gaya hidup sehat. Selain itu, tes ini juga menjadi ajang interaksi antarpegawai dan memperkuat solidaritas di antara mereka.

Dikes Lobar berkomitmen untuk terus mendukung dan mempromosikan kesehatan dan kebugaran pegawai pemerintahan. Tes kebugaran ini diharapkan menjadi langkah awal dalam mewujudkan lingkungan kerja yang sehat, aktif, dan produktif di Lobar.