Tiga Pilar Sekotong Pantau Situasi Dampak Cuaca Ekstrem, Diguyur Hujan dari Jumat Hingga Sekarang

Patroli Tiga Pilar Sekotong

Lombok Barat, NTB – Menyikapi cuaca ektrem di Wilayah Kecamatan Sekotong, Tiga Pilar Kecamatan Sekotong memantau dampaknya, melalui kegiatan patroli.

Tiga Pilar Kecamatan Sekotong, terdiri dari kapolsek sekotong Iptu I Kadek Sumerta. SH, Camat sekotong Lalu Paridita Utama.SE, bersama Danramil 1606-16 sekotong Kapten Inf I Made Suwandi turun langsung dalam pelaksanaannya.

“Dalam rangka pemantauan situasi dan dampak yang ditimbulkan oleh hujan yang terjadi dari hari Jumat (23/12/2022), hingga hari ini, Minggu (25/12/2022),” ungkap Kapolsek Sekotong

Route Mengelilingi Kecamatan Sekotong

Rute patroli bersama tiga pilar dalam melakukan pemantauan ini, mulai dari Mako Polsek Sekotong, menuju Desa Sekotong Tengah.

Kemudian berlanjut menuju Desa Sekotong Barat, Desa Pelangan dan Desa Batu Putih, lalu melewati jalur mekaki menuju Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong.

“Dalam kegiatan ini menemui beberapa peristiwa yang terjadi, akibat dampak hujan dari beberapa hari yang lalu. Mulai dari pohon tumbang, hingga terjadinya longsor,” jelasnya.

Peristiwa pertama terdapat pohon yang tumbang jenis singepur di jalan raya sekotong bangko – bangko. Tepatnya di Dusun Berambang Desa Batu Putih, dan dari peristiwa itu tidak terdapat korban jiwa maupun materil.

“Kemudian adanya tanah lonsor yang terjadi di Dusun Sepi, Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Tepatnya di belakang rumah seorang warga berjarak kurag lebih 25 meter, yang merupakan bekas galian jalan,” imbuhnya.

Tidak Ada Korban Jiwa di Wilayah Kecamatan Sekotong

Kapolsek Sekotong mengkonfirmasi bahwa akibat dari bencana tanah longsor tersebut hanya berupa korban material, sedangkan untuk korban jiwa nihil.

“Kemudian langsung melakukan pengecekan oleh tiga pilar Kecamatan sekotong, yang kebetulan melaksanakan kegiatan patroli beserta Kades Buwun Mas dan Kadus Sepi,” ujarnya.

Saat itu juga, tiga pilar bersama personil polsek sekotong dan staf kecamatan sekotong langsung melakukan tindakan untuk penanganannya.

“Bersama Kades Desa Buwun Mas, Kadus Sepi dan warga, bahu membahu melaksanakan pemotongan pohon. Untuk memindahkan batang serta ranting ketepi jalan raya sekotong bangko bangko,” katanya.

Serta membersihkan tanah longsor, kemudian melaksanakan pengaturan arus lalu lintas, masyarakat bisa kembali melalui jalan tersebut.

Pada sela-sela kegiatan, Kapolsek Sekotong, Danramil bersama Camat Sekotong memberikan himbauan kepada warga.

“Menghimbau agar tetap waspada dan berhati-hati bila keluar rumah mengingat perubahan cuaca yang tidak menentu. Terkadang hujan deras disertai angin kencang sehingga bisa mengakibatkan pohon pohon yang sudah tua tumbang,” imbaunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *