Bersihkan Saluran Irigasi, Babinsa Merembu Bersama Kades dan Masyarakat Mudahakan Petani Hadapi Musim Tanam

Lombok Barat, NTB – Bintara Pembina Desa (Babinsa) bersama Kepala Desa (Kades), Bhabinkamtibmas, Staf Desa dan Kepala Dusun (Kadus) se Desa Merembu laksanakan gotong royong pembersihan saluran irigasi di Jalan Raya Merembu-Bengkel, Desa Merembu, Kecamatan Labuapi, Lombok Barat (Lobar), Kamis (1/12/2022).

Dalam melaksanakan tugas sebagai seorang Babinsa yang menjadi tonggak dalam menjalin hubungan baik bersama masyarakat kewilayahan di tuntut untuk selalu menjaga keharmonisan dan hubungan baik tanpa membeda-bedakan sku, agma, dan kebudayaan.

Gotong royong merupakan budaya dan tradisi yang erat di masyarakat dalam mengerjakan suatu kegiatan bersama-sama, seperti yang di lakukan oleh Babinsa Merembu Bersama Kades dan beberapa masyarakat lainnya dengan membersihkan saluran irigasi sepanjang Jalan Desa Merembu – Bengkel.

Babinsa Merembu Serda Zulkarnawadi menungkapkan, “Gotong royong ini kita lakukan seiring intensitas hujan yang terus melanda wilayah Lobar, yang mengakibatkan beberapa wilayah, salah satunya Desa Merembu ini mengakibatkan debit air semakin tinggi. Mengantisipasi hal tersebut, kami bersama Kades dan masyarakat berinisiatif membersihkan saluran irigasi untuk kelancaran arus air, sehingga tidak meluap ke badan jalan,” tambahnya.

Ia menjelaskan, “ini juga kita lakukan untuk memudahkan petani untuk mengantisipasi musim tanam dalam mengaliri air ke area persawahan miliknya. Di harapkan dengan kegiatan ini dapat meringankan beban petani untuk membersihkan saluran irigasi serta meperlancar aliran air dari hulu ke hilir,” jelasnya.

Kades Merembu H. Muhazab mengungkapkan, “Dengan gotong royong ini pekerjaan seberat apapun akan menjadi ringan, mudah, karena dikerjakan secara bersama-sama dan ini juga dalam bentuk mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *