Binkam

Minimalisir Kecelakaan Akibat Pohon Tumbang, Forkopimcam Lembar Tanggap Lakukan Pemangkasan Pohon

×

Minimalisir Kecelakaan Akibat Pohon Tumbang, Forkopimcam Lembar Tanggap Lakukan Pemangkasan Pohon

Sebarkan artikel ini

LEMBAR – Memasuki musim penghujan yang begitu deras disertai angin kencang yang terjadi di hampir seluruh Wilayah Kabuaten Lombok Barat dan sekitarnya, Forkopimcam Lembar bersama warga melakukan perampingan pohon pada setiap jalur di Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat, Rabu. (10/3/2021)

Kegiatan yang dilaksanakan diawal pagi tersebut diinisasi oleh Forkopimcam Lembar bersama Dinas Perkim Kabupaten Lombok Barat dengan didukung oleh Pihak Wilayah Otoritas Pelabuhan Lembar beserta masyarakat tersebut guna antisipasi adanya kejadian pohon tumbang yang beberapa waktu lalu sering terjadi di wilayahnya.

Kapolsek Lembar Iptu Boy Ari Purnomo, S.H., menuturkan apa yang di lakukan anggotanya bersama aparatur terkait, adalah sebagai bentuk kepedulian kepada warga untuk memberikan rasa aman dan nyaman serta keselamatan warga.

“Kami bersama Forkopimcam Lembar mengajak secara sadar untuk melakukan perampingan pohon yang berada disekitar sisi ruas jalan untuk kelancaran dan keselamatan masyarakat sekitar terlebih para pengendara yang melintas di jalur ini,” Tutur Iptu Boy.

Adapun kegiatan perantingan Pohon dimaksud dilaksanakan di sepanjang Jalan Yos Sudarso Dari depan GSI sampai dengan Depan Pertamina Desa Jembatan Gantung Kec. Lembar.

Dengan Menggunakan Beberapa alat yang dimiliki oleh warga dan Polsek Lembar, kegiatan tersebut dilakukan secara selektif untuk ditebang.

“Peralatan yang kami gunakan sebanyak 3 Chainsaw milik warga dan 1 alat milik Polsek Lembar untuk mempercepat perampingan pohon ini,” lanjut Kapolsek.

Diketahui, dalam waktu akhir tahun 2020 ini tercatat sudah beberapa kejadian pohon tumbang dan ranting patah yang mengakibatkan korban jiwa maupun korban Materiil dimana kejadian tersebut diakibatkan oleh cuaca ekstrim ditambah lagi dengan kondisi pohon yang sudah tua dan lapuk.

“Dengan Banyaknya kejadian ataupun kecelakaan tersebut, Kami dari Forkopincam Lembar dan otoritas pelabuhan lembar mengambil langkah untuk melaksanakan kegiatan perantingan pohon yang terlihat sudah lapuk yang mengarah kearah jalan raya untuk menghindari meningkatnya catatan korban jiwa maupun korban materiil yang diakibatkan oleh pohon tumbang,” pungkasnya.

Harapnya, dengan dilakukannya perampingan pohon tersebut masyarakat juga dihimbau untuk lebih berhati-hati saat bepergian dan lebih peka terhadap situasi dan kondisi dengan cuaca yang tidak menentu terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *