Daerah

Adakan Diskusi Langsung, Bupati Bersama Kepala OPD se Lobar Motivasi Petani Kopi dan Gula Aren Desa Batu Mekar

×

Adakan Diskusi Langsung, Bupati Bersama Kepala OPD se Lobar Motivasi Petani Kopi dan Gula Aren Desa Batu Mekar

Sebarkan artikel ini

Lobar, TripatNews – Bupati Kabupaten Lombok Barat (Lobar) terus bergerak memotivasi warga untuk tetap semangat dalam menjalankan aktivitas saat pandemi COVID-19 mulai melandai. Kali ini Bupati Lobar Fauzan menyapa dan memotivasi petani kopi dan gula aren di Desa Batu Mekar Dusun Rumbuk, Kecamatan Lingsar, Sabtu (9/10/2021).

Bupati Fauzan bersama kepala OPD se Lobar, Camat dan Kepala Balai Karantina Pertanian, Perwakilan Bank Indonesia serta Ketua komunitas kopi Lombok (Lombok coffe Association) mengunjungi petani kopi dan gula aren dengan menggunakan sepeda motor. Melewati jalur yang cukup menanantang dan menanjak, Bupati Fauzan dan semua kepala OPD tetap bersemangat menuju lokasi. Situasi cuaca gerimis saat perjalanan menuju Dusun Rumbuk Desa Batu Mekar tidak mengendurkan langkah Bupati Fauzan dan rombongan untuk memotivasi petani kopi.

Setelah sampai di Lokasi, Bupati bersama rombongan yang touring menggunakan sepeda motor diterima langsung oleh Kepala Desa Batu Mekar dan para petani. Dalam dialog yang dilakukan oleh Bupati bersama rombongan dan para petani kopi dan gula aren, Bupati Fauzan mengatakan bahwa semua petani harus tetap semangat di masa pandemi yang mulai melandai. Menurutnya para petani Kopi memiliki peluang ekspor yang sangat terbuka lebar. karena kopi, vanili dan komoditi pertanian di wilayah dusun rumbuk merupakan kebutuhan. Selain itu Fauzan mengatakan bahwa balai karantina pertanian dan BI merupakan lembaga yang memiliki peran besar dalam ekspor. Karenanya ia meminta agar para petani tetap semangat dan tetap serius dalam melakasanakan aktivitas pertanian.

Dalam kesempatan ini Bupati Fauzan juga berpesan agar masyarakat dan kelompok tani tetap menjaga kekompakan. Hal ini penting karena salah satu kunci sukses adalah kompak dan kolaborasi. Ia berpesan agar semua pihak tidak saling menjatuhkan antar kelompok karena ini menjadi penghambat dan membuat kita menjadi mundur atau tidak berkembang.

“Jadi harus kompak dan berkolaborasi jangan saling menjatuhkan agar kita semua bisa sukses” ujarnya.

Sementara itu Kades Batu Mekar, Juminah mengatakan bahwa pihaknya bersama para petani kopi menyambut hangat kedatangan Buapti dan rombongan. Pihaknya berharap dengan kedatangan Bupati Fauzan petani kopi, gula aren dan semua komoditas pertanian di Batu Mekar dapat menjadi komoditas unggulan yang dapat diekspor. Ia berharap agar pemerintah daerah dapat meningkatkan infrastruktur menuju wilayahnya. Ia juga meminta agar pemerintah daerah dapat membantu petani dalam mengekspor komoditas pertanian di batu mekar.

“Kami bersyukur dan bangga atas kedatangan pak bupati bersama rombongan, ini luar biasa. Kami berharap agar bapak bupati dapat membantu masyarakat kami dalam berbagai hal, baik infrastruktur dan peningkatan nilai komiditas pertanian di wilayah kami agar masyarakat sejahtera” ujarnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan dialog antara Bupati dan Kepala OPD bersama petani kopi dan gula aren. Setelah itu Bupati melakukan peninjauan langsung menuju kebun kopi di dusun Rumbuk Desa Batu Mekar. (YL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *