Permudah Masyarakat Dalam Membayar Pajak, Pemda Lobar Luncurkan Si Jempol Jari

by -1 views

Lombok Barat, TripatNews –  Lombok Barat (Lobar) terus melakukan inovasi dan gebrakan. Di tengah pandemi COVID-19 yang sudah mulai melandai, Bupati Lobar H. Fauzan Khalid secara resmi memperkenalkan dan meluncurkan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Online Pajak dan Retribusi (Si Jempol Jari) dalam Rapat Pimpinan (RAPIM) II Bulan Oktober 2021 yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati, Gerung, Lobar, Kamis (7/10/2021).

Menurut Bupati Fauzan aplikasi Si Jempol Jari merupakan inovasi Pemerintah Daerah (Pemda) Lobar dalam upaya meningkatkan Pendapatan Anggaran Daerah (PAD), khusus dalam pembayaran pajak dan retribusi secara Online. Nantinya wajib pajak cukup mengunakan aplikasi ini untuk membayar pajak. Besaran pajak dan retribusi yang akan dibayarkan secara otomatis akan tertera dalam aplikasi ini. Ia mengatakan bahwa aplikasi ini dibuat sebagai inovasi untuk menggenjot penerimaan PAD yang turun drastis saat masa pandemi COVID-19.

“Digitalisasi ini memang tidak bisa kita hindari karena kebutuhan masyarakat apalagi zaman yang sudah modern seperti sekarang ini. Jadi dengan diluncurkannya aplikasi sistem Si Jempol Jari ini bisa untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. Masyarakat kita tidak perlu datang ke Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), tetapi cukup punya Handphone (HP) android, punya rekening tabungan yang sudah terintegrasi di HP/M-Banking, masyarakat tinggal mendownload dan buka aplikasi kemudian menikuti alurnya untuk melakukan pembayaran,” Jelasnya.

Bupati Lobar H. Fauzan Khalid menambahkan, “kepada seluruh kepala OPD lingkup Pemda Lobar agar senantiasa bekerja keras dan berkolaborasi dalam menjalankan berbagai kesepakatan yang telah ditandatangani tersebut, agar kedepannya Lobar bisa semakin berkembang dan maju.  Menurutnya kerja keras dan kekompakan serta kolaborasi menjadi kunci utama untuk dapat menjalankan program pembangunan secara maksimal. Hal ini tentu akan memberikan semangat baru dalam upaya melaksanakan pembangunan yang bertujuan untuk dapat mensejahterakan kehidupan masyarakat Lobar. Ia juga mengatakan bahwa berbagai inovasi diperlukan agar proses pembangunan di Lobar dapat berjalan dengan cepat dan maksimal sehingga target dan tujuan pembangunan dapat tercapai,” Tambahnya.

RAPIM II yang dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri  Mataram Drs M. Yusuf, Kepala Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Mataram Dra. I Gusti Ayu Adhi Aryapatni, Direktur Dana dan Jasa PT. Bank NTB Syariah H. Nurul Hadi, serta Kepala Cabang PT. Bank NTB Syariah. Rapim ini juga dihadiri oleh Sekda Lobar DR. H. Baehaqi, Asisten Daerah dan semua Kepala OPD di Lingkup Pemda Kabupaten Lobar.

Selain peluncuran aplikasi Si Jempol Jari dalam kegiatan ini juga dilakukan berbagai evaluasi terhadap jalannya program pembangunan di Lobar. Kegiatan ini juga dirangkai dengan pelaksanaan tanda tangan kesepakatan atau MoU dengan sejumlah pihak diantaranya ialah Nota Kesepakatan Tentang Pembinaan dan Pendampingan Hukum Pemerintahan Desa se-Kabupaten Lobar antara Bupati Lobar, Kepala Kejaksaan Negeri Mataram, Kepala DMPD Lobar dan Inspektur Inspektorat Lobar. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan atau MoU dengan Kepala BPOM dengan tujuan meningkatkan pengawasan obat dan makanan serta meningkatkan kesadaran serta kepedulian masyarakat. Kesepakatan yang ketiga ialah Nota Kesepakatan dengan PT. Bank NTB Syariah yang diwakili oleh Direktur Dana dan Jasa PT. Bank NTB Syariah tentang Pelaksanaan Transaksi Non Tunai di Pemda Lobar dan kesepakatan yang terakhir ialah dengan Kepala Bappenda Lobar dan Kepala Cabang PT. Bank NTB Syariah cabang gerung mengenai Optimalisasi Penerimaan secara Non-Tunai.

Bupati Lobar juga menyampaikan apresiasi kepada Kepala Dinas Kesehatan, seluruh camat dan kepala Desa se Lobar serta semua pihak, baik TNI dan Polri serta semua kepala OPD atas kerja kerasnya dan kolaborasi dalam program percepatan vaksinasi di Lobar. Hal ini menurut Bupati Fauzan menjadi kunci sukses dalam upaya percepatan vaksin seperti yang ditargetkan oleh Pemerintah Pusat. Dengan kolaborasi dan kerja keras ini target 70 Persen akan  tercapai tepat waktu. Ia juga mengapresiasi masyarakat Lobar yang memiliki semangat tinggi untuk memperoleh vaksin. Hal ini tentu sangat membatu proses percepatan vaksinasi yang dilakukan oleh Pemda Lobar bersama TNI dan Polri.  Bupati Lobar juga berharap kedepannya bahwa semua OPD dapat terus bersinergi bersama semua pihak, serta meningkatkan kinerja masing-masing OPD. (YL)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.