Kodim 1606/Mataram Lakansakan Panen Raya Untuk Ketahanan Pangan di Masa Pandemi COVID-19

by -5 views

Narmada, Lombok Barat – Kodim 1606/Mataram laksanakan panen raya dalam rangka ketahanan pangan,  betemakan untuk mewujudkan Bidang Teritorial (Binter) yang adaptif melalui pembinaan ketahan pangan di wilayah pada masa Pandemi COVID-19 di Desa Sembung, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Selasa (28/9/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Staf Komando Distrik Militer (Kasdim) 1606/Mataram Letkol Arh Yudia, Kepala Urusan Komsos Lettu Inf Zainudin, Danramil 08/Narmada Lettu Inf A Taufiq, Kapolsek Narmada Kompol Nyoman Nursana, Camat Narmada M. Busayiri, Kades Sembung H. Ali Abdul Sahid, Kordinatir Balai Pertanian Kecamatan Narmada (BPP) Nilham, serta Kepala Desa Sembung Sutinah S.P.

Kasdim 1606/Mataram Letkol Arh Yudia S. Yang menghadiri panen raya yang di laksanakan di wilayah binaan Koramil 08/Narmada tersebut mengatakan, “kami ucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang ikut andil dalam kegiatan ini, camat, kades karena sudah menyiapkan tempat kegiatan ini. Kami juga berharap dengan adanya kegiatan seperti ini kelompok- kelompok  tani  yang ada di wilayah Desa Sembung supaya berkembang dengan baik supaya bisa meningkatan ketahan pangan di masa Pandemi COVID-19 yang kita hadapi selama ini,” tutur Kasdim.

Kades Sembung H. Ali Abdul Sahid dalam kesempatan yang sama mengucapakan, “Terimakaish kepada Pemerintah Daerah (Pemda) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) yang terus mesnupport masayakat kami yang sebagian besar petani ini hingga saat ini tempat pelaksanaan panen raya yang selama ini berada di desa tetangga sebagai tumpuan, namun tahun ini allhamdulilah Desa Sembung kami terpilih sebagai lokasi pelaksanaan panen raya tahun ini,” ujarnya.

“Sesuai dengan hasil yang kami peroleh di bandingkan dengan musim tanam sebelumnya kita hanya dapat 6,5 ton per hektar tetapi dengan adanya kerja sama yang baik bersama dengan Kodim 1606/Mataram melalui Babinsa Koramil 08/Narmada kami berjuang bersama melalui arahan secara tehnis kita memproleh hasil 8,5 ton per hektar musim ini. Dengan demikian kita mengalami peningkatan dari musim sebelumnya, semoga dengan kerjasama semua pihak baik Pemda, Pemprov, BPP, serta peran serta masyarakat bersama Babinsa dalam pelaksanaan musim tanam musim depan semakin solid sehingga Desa Sembung bisa menjadi salah satu daerah lumbung pangan di Lobar dan Nusa Tenggara Barat,” Tambahnya.

“Kami cukup bangga dan kami minta kepada semua kelompok tani se Desa Sembung supaya beralih ke Pupuk Biuzi yang merupakan pupuk organik, allhamdulilah selama proses dari perendaman bibit sampai dengan penyemprotan kami tidak pernah menggunakan pupuk kimia dan kami selalu di dampingi oleh bapak Babinsa yang memantau darai tahap pembibitan hingga saat ini panen raya bisa kami laksanakan,”tutupnya. (YL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.