Bali NusraBeritaBerita NTBMataramNTBNTB One TerkiniSinergitas Pemda TNI POLRITerkiniTNI-Polri

Penuh Semangat Kebangsaan, Dandim 1606 dan Ketua Persit Hadiri Upacara Kemerdekaan di Mataram

×

Penuh Semangat Kebangsaan, Dandim 1606 dan Ketua Persit Hadiri Upacara Kemerdekaan di Mataram

Sebarkan artikel ini

Mataram, NTB – Komandan Kodim (Dandim) 1606/Mataram, Kolonel Arm Muh. Saifudin Khoiruzzamani S.sos., M.Han, bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang XXV Dim 1606/Mataram, turut menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Lapangan Sangkareang, Mataram. Dengan mengusung tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju”, yang mencerminkan visi kemajuan bangsa di era baru.

Acara ini dipimpin oleh Walikota Mataram, Dr. H. Mohan Roliskana, sebagai inspektur upacara, dengan Lettu Munawir dari Kodim 1606/Mataram bertindak sebagai Komandan Upacara. Sebanyak 1.000 peserta yang terdiri dari berbagai unsur pemerintahan, TNI, Polri, hingga masyarakat umum, turut berbaris rapi di lapangan untuk memperingati momentum bersejarah ini.Rangkaian kegiatan dimulai dengan masuknya komandan upacara ke lapangan, disusul oleh kedatangan inspektur upacara. Puncak acara ditandai dengan pengibaran bendera Sang Merah Putih yang dipimpin oleh pasukan Paskibraka Kota Mataram, diiringi lagu kebangsaan “Indonesia Raya.” Tak hanya itu, pembacaan teks Proklamasi oleh Pj. Ketua DPRD Mataram, Abdul Malik, menjadi momen penuh rasa bangga dan haru bagi semua yang hadir.

Dalam amanat yang dibacakan oleh Walikota Mataram, Gubernur NTB mengingatkan, “perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan segalanya demi kemerdekaan bangsa. Untuk itu, kepada seluruh masyarakat NTB untuk menjaga tanah air, melanjutkan perjuangan dengan kerja nyata, serta mendukung tiga transisi besar yang sedang dihadapi bangsa Indonesia, yakni Ibu Kota Negara baru, pergantian pemimpin nasional, dan visi Indonesia Emas 2045,” ucap Walikota.

Selain itu, Gubernur NTB juga menyampaikan pencapaian penting di bidang pembangunan daerah, seperti penurunan angka stunting dan kemiskinan, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat NTB. “Berbagai capaian ini menunjukkan bahwa Provinsi NTB terus bergerak maju,” ungkapnya dalam amanat tersebut, Sabtu (17/8/2024).

Upacara ditutup dengan doa yang dipanjatkan oleh petugas upacara, diikuti dengan nyanyian “Andika Bhayangkara” yang mengiringi penutupan upacara. Suasana di Lapangan Sangkareang penuh dengan semangat kebangsaan, seolah menegaskan bahwa meskipun tantangan besar masih menghadang, persatuan dan semangat kemerdekaan akan selalu membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.

Dandim 1606 Mataram, Kolonel Arm Muh. Saifudin Khoiruzzamani S.sos., M.Han., yang turut hadir mengucapkan, ” Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI ini mengingatkan kita akan perjuangan tanpa henti para pahlawan dalam meraih kemerdekaan. Sebagai generasi penerus, tugas kita adalah menjaga persatuan dan terus berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Mari kita isi kemerdekaan ini dengan karya nyata, demi masa depan Indonesia yang lebih baik.” Pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *