Bakti SosialBerita NTBDaerahFeaturedHead LineHealthKesehatanLobarLombokLombok BaratNasionalNewsNTBNTB One TerkiniPemerintahanSinergitas Pemda TNI POLRITNI-Polri

Lawan DBD: Babinsa, Tenaga Kesehatan dan Warga Duman Bersatu dalam Aksi Fogging

×

Lawan DBD: Babinsa, Tenaga Kesehatan dan Warga Duman Bersatu dalam Aksi Fogging

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Dalam memberantas sarang nyamuk dan mencegah penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD), Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-08/Narmada melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) Duman, bersama petugas kesehatan Puskesmas Sigerongan melaksanakan pengasapan atau fogging di wilayah Dusun Duman Permai, Desa Duman, Kecamatan Lingsar, Minggu (14/7/2024).

Kegiatan ini bentuk sinergi antara Babinsa dengan petugas kesehatan Puskesmas Sigerongan yang dipimpin oleh Rohmi Amd.Kep., Bidan Desa Duman, Qudratun Nada, Amd.Keb., serta Kepala Dusun Duman Permai, H. Said Mardani. Poging kali ini menjadi bagian penting sebagai langkah pencegahan dan pengendalian DBD yang kerap meningkat saat musim hujan tiba.

Babinsa Desa Duman, Sertu M. Hafizin, menjelaskan, “Kegiatan fogging ini merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan warga Dusun Duman Permai. Kami bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memastikan lingkungan tetap bersih dan bebas dari nyamuk penyebab demam berdarah. Saya mengajak seluruh warga untuk terus menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan memberantas tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk,” imbaunya.

Sejalan dengan hal tersebut, Tim Kesehatan Puskesmas Sigerongan, Rohmi, Amd.Kep., mengungkapkan, “Kami sangat mengapresiasi kerja sama antara Babinsa Duman, bidan desa, dan masyarakat dalam kegiatan fogging ini. Penyemprotan ini adalah salah satu cara efektif untuk memutus rantai penyebaran nyamuk demam berdarah. Kami juga mengimbau kepada warga untuk tetap waspada dan melakukan langkah-langkah pencegahan lainnya ketika menemukan gejala atau tanda-tanda sakit akibat gigitan nyamuk.” Jelasnya.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan warga Dusun Duman Permai semakin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan berperan aktif dalam pencegahan penyakit demam berdarah. Mari bersama-sama kita ciptakan lingkungan yang sehat dan bebas dari nyamuk,” tutup Kepala Dusun Duman Permai, H. Said Mardan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *