Bakti SosialBeritaBerita NTBBinkamDaerahKabar DesaKetahanan PanganLobarLombokLombok BaratNewsNTBPertanianSinergitas Pemda TNI POLRITNI-Polri

Babinsa dan PPL Kuripan Selatan Turun ke Sawah, Dukung Petani di Musim Kemarau

×

Babinsa dan PPL Kuripan Selatan Turun ke Sawah, Dukung Petani di Musim Kemarau

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Dalam upaya mendukung pertanian lokal di tengah musim kemarau, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kuripan Selatan, Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-04 Gerung, terjun langsung ke sawah untuk memberikan pendampingan pertanian. Babinsa bersama Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kuripan membantu pengairan lahan sawah milik Bapak Rusnan, Ketua Kelompok Tani (Poktan) Tunggulawang, dengan menggunakan pompa air yang diberikan oleh Dinas Pertanian (Distan) Lombok Barat (Lobar).

 

Dalam keterangannya, Sertu Iwan Febriawan, Babinsa Kuripan Selatan, menekankan pentingnya tugas Babinsa dan PPL dalam memonitor serta memastikan kelancaran program pemerintah di bidang pertanian. “Kami berharap dengan adanya bantuan pompa air ini, para petani dapat lebih terbantu dalam mengelola lahan mereka, sehingga hasil panen dapat meningkat dan kesejahteraan petani terjaga,” ujar Sertu Iwan saat tutun langsung meninjau lahan pertanian bersama PPL Kuripan di Dusun Tunggulawang, Desa Kuripan Selatan, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat, Sabtu (13/07/2024).

 

“Pompa air yang diberikan diharapkan menjadi solusi bagi para petani dalam menjaga ketersediaan air di sawah mereka, terutama di tengah musim kemarau yang kerap mengancam hasil panen. Bantuan ini tidak hanya sekadar alat, tetapi juga bentuk nyata dari perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan petani,” jelas Ibu Nisa Petugas PPL Kuripan.

 

Bapak Rusnan, selaku Ketua Kelompok Tani Tunggulawang, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas bantuan dan perhatian yang diberikan Distan Lobar. “Kami sangat berterima kasih kepada Dinas Pertanian Lombok Barat atas bantuan pompa air ini, dan kepada Bapak Babinsa Sertu Iwan yang telah membantu kami dalam proses pengairan. Semoga kerja sama ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat bagi petani di Kuripan Selatan,” katanya.

 

“Pendampingan ini bukan hanya sekadar tanggung jawab, namun juga wujud nyata kepedulian Babinsa terhadap kesejahteraan petani. Dengan adanya bantuan seperti ini, harapannya produksi padi di Kuripan Selatan akan semakin meningkat, menjadikan desa ini sebagai salah satu lumbung padi di Lobar,” Pungkas Komandan Koramil 1606-04/Gerung, Kapten Inf Baidawi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *