Bali NusraBeritaBerita NTBDaerahFeaturedLombokMataramNasionalNewsNewsbeatNTBNTB One TerkiniPemerintahanSinergitas Pemda TNI POLRI

Sinergi Militer dan Pemerintah Daerah: Upaya Mewujudkan Pertahanan Wilayah Darat yang Tangguh

×

Sinergi Militer dan Pemerintah Daerah: Upaya Mewujudkan Pertahanan Wilayah Darat yang Tangguh

Sebarkan artikel ini

Mataram, NTB – Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 1606 Mataram, Letkol Arm. Muh. Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.M., membuka secara resmi Kegiatan Pembinaan Rencana Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat Kodim 1606 Mataram Tahun 2023 yang berlangsung di Aula Makodim 1606 Mataram yang terletak di Jl. Pejanggik No.7, Kota Mataram, Kamis (19/10/2023).

Kegiatan pembinaan ini bertujuan untuk memperkuat pertahanan wilayah darat di Kodim 1606 Mataram, dengan memastikan perencanaan tata ruang yang optimal dan sesuai dengan kebutuhan pertahanan.

Dalam sambutannya, Komandan Kodim (Dandim) 1606 Mataram, Letkol Arm. Muh. Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.M., menekankan, “pentingnya sinergi antara pihak militer dan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam merencanakan dan mengelola wilayah pertahanan darat,” ucapnya.

Mengambil tema Terwujudnya Rencana Rinci Wilayah Pertahan Darat (RRWP) Darat Statis yang selaras dengan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) guna mewujudkan wilayah pertahanan darat yang tangguh. “Perlunya dilaksanakan pembinaan tata ruang wilayah pertahanan darat adalah peraturan pemerintah, nomor 68 tahun 2014 tentang penataan wilayah pertahanan negara dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004 pada pasal 8d yaitu melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat untuk membantu pemerintah menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan yang dipersiapkan secara dini meliputi wilayah pertahanan beserta kekuatan pendukungnya untuk melaksanakan kepentingan pertahanan Negara sesuai dengan sistem pertahanan dan keamanan rakyat,” jelas Dandim 1606 Mataram.

Letkol Arm. Muh. Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.M., menambahkan, “Mengingat tata ruang wilayah sangat penting untuk pertahanan mulai dari tingkat Koramil, Kodim, maupun Korem, maka kepada masing-masing satuan jajaran Kodim 1606/Mataram agar selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah di wilayah masing-masing sehinggal penyusunan rencana tata ruang Wilayah Pertahanan Darat dapat dilaksanakan secara valid,” tegasnya.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat menciptakan pembinaan tata ruang wilayah pertahanan darat yang serasi selaras dan terpadu dengan tata ruang wilayah Kabupaten/Kota. Nantinya, Satuan Komando Kewilayahan (Satkolwil) dapat merealisasikan dengan kegiatan pembinaan teritorial sehingga kondisi Geografi, Demografi, Sosial dan Sumber Daya Alam/buatan yang meliputi kondisi faktual serta permasalahannya dapat terdata dengan baik sehingga terwujud kesamaan visi, persepsi dan sinergitas antara tata ruang wilayah pertahanan darat oleh satkowil untuk kepentingan pertahanan Negara serta wilayah Kabupaten/Kota,”
pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersbut, Perwira Seksi (Pasi) Teritorial Kodim 1606/Mataram, Mayor Inf A.A Gede Rai Budiana, Pasi Personalia Kodim 1606/Mataram, Mayor Inf Turmuzi dan Seluruh Pa Staf, Danramil, Bati Tuud Koramil serta perwakilan masing-masing Bintara Pembina Desa (Babinsa) jajaran se Kodim 1606/Mataram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *