Satuan Samapta Polres Lombok Barat Gelar Patroli Malam untuk Cegah Gangguan Kamtibmas

KPU Lombok Barat Dijaga Ketat, Polres Lombok Barat Lakukan Patroli Dialogis

Lombok Barat, NTB – Satuan Samapta Polres Lombok Barat, melaksanakan kegiatan pengamanan dan patroli di Wilayahnya pada Selasa malam hingga Rabu pagi (31/5/2023).

Kasat Samapta, Polres Lombok Barat AKP Sony Hartono mengatakan kegiatan tersebut untuk mencegah potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di beberapa lokasi strategis.

“Salah satu kegiatan patroli dilakukan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Barat. Guna mengantisipasi gangguan terkait tahapan penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024 di kabupaten Lombok Barat,” ungkapnya.

Sehingga, Anggota Sat Samapta menjaga keamanan kantor KPU guna memastikan persiapan pemilu berlangsung lancar tanpa gangguan.

Selanjutnya, anggota Sat Samapta melaksanakan patroli dialogis di Desa Beleke, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat.

Patroli ini untuk memonitor situasi kamtibmas di sepanjang Jalan By Pass BIL I dan II. Selain itu, juga melakukan upaya pencegahan terhadap tindakan kriminalitas dan 3C (curas, curat, curanmor),” imbuhnya.

Fokus Pada Kegiatan Patroli Preventif

Desa Gerung Selatan juga menjadi fokus patroli preventif yang dilakukan oleh anggota Sat Samapta. Selama patroli, pesan kamtibmas tersampaikan kepada masyarakat agar tetap menjaga situasi keamanan di sekitar wilayah Kecamatan Gerung.

Selain itu, Tim Puma 8 melakukan patroli di sejumlah lokasi yang memiliki potensi keramaian pada malam hari. Salah satunya adalah Jalan Tenku Ibrahim di Bengkel, Polsek Kediri Amankan Milad ke-26 dan Lepas Pisah Siswa Mts Negeri 2 Kabupaten Lombok Barat" href="https://tribratanews.ntb.polri.go.id/binkam/26/05/2023/polsek-kediri-amankan-milad-ke-26-dan-lepas-pisah-siswa-mts-negeri-2-kabupaten-lombok-barat/">Kabupaten Lombok Barat.

“Tim menemukan sekelompok masyarakat yang masih nongkrong hingga larut malam. Dalam upaya mencegah potensi gangguan kamtibmas, Tim Puma 8 menghimbau mereka agar segera pulang ke rumah masing-masing,” ujarnya.

Serta himbauan agar tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri atau mengganggu situasi kamtibmas.

Patroli juga melakukannya di Jagaraga, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat. Tim Puma 8 berhasil mengidentifikasi sekelompok anak muda yang masih berkumpul untuk bermain game hingga larut malam di area Lombok Barat Siap Amankan Event Ironman 70.3 Lombok, Bakal Lakukan Rekayasa Arus Lalulintas" href="https://tribratanews.ntb.polri.go.id/binkam/07/10/2022/polres-lombok-barat-siap-amankan-event-ironman-70-3-lombok-bakal-lakukan-rekayasa-arus-lalulintas/">By Pass Bandara Internasional Lombok.

“Tim melakukan pemeriksaan terhadap mereka dengan tujuan mencegah potensi tindakan yang tidak kita inginkan. Seperti halnya dengan kelompok masyarakat sebelumnya, Tim Puma 8 memberikan himbauan agar mereka tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri atau mengganggu kamtibmas,” ucapnya.

Meminimalisir Potensi gerung-patroli-rutin-di-beberapa-titik-rawan/">Gangguan Kamtibmas

Serta mendorong mereka untuk pulang ke rumah masing-masing demi keamanan dan ketertiban masyarakat.

KP Sony Hartono menyatakan bahwa kegiatan patroli tersebut merupakan bagian dari upaya pihak kepolisian dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif bagi masyarakat.

Pihak kepolisian juga mengapresiasi partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga keamanan. AKP Sony Hartono mengimbau kepada seluruh warga untuk terus menjaga situasi kamtibmas.

“Kami menghimbau untuk melaporkan kejadian yang mencurigakan. Tidak ragu untuk berkoordinasi dengan pihak kepolisian, jika menemui situasi yang membutuhkan penanganan,” imbuhnya.

Dengan kerja sama antara pihak kepolisian dan masyarakat, harapannya dapat tercipta lingkungan yang aman, kondusif, dan terbebas dari tindak kejahatan.

“Polres Lombok Barat tetap berkomitmen untuk menjaga keamanan dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai penegak hukum,” tandasnya.