Hindari DBD, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Lembar Bersama Masyarakat Minimalisir Terjadinya Genangan Air Akibat Hujan

Lombok Barat, NTB – Mendapat pengaduan dari Masyarakat Desa Lembar bahwa di depan Masjid Nurul Yaqin, Dusun Dasan Daye selalu di landa banjir saat musim penghujan tiba, dan salah satu penyebab banjir ini adalah dangkalnya selokan yang membuat kurang lancarnya aliran air.

Merespon laporan dari masyarakat tersebut Bintara Pembina Desa (Babinsa) bersama Bhabinkamtibmas dan masyarakat melaksanakan gotong royong penggalian selokan yang tertimbun di Dusun Dasan Daye, Desa Lembar, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Minggu (16/10/2022).

Dalam laporannya Babinsa Lembar Sertu Gede Wismaya mengatakan, “kegiatan gotong royong ini merupakan tradisi dalam kehidupan kemasyarakatan. Gotong royong sudah menjadi tradisi warisan yang masih eksis hingga sekarang, dan merupakan solusi dalam menyelesaikan pekerjaan secara bersama-sama,” ujarnya.

Ia mengakui, “kondisi selokan di depan masjid Nurul Yaqin sangat memperhatinkan jika hujan turun, air naik mengenangi jalan dusun dan menggenagi sebagian rumah. Kami bersama Bhabinkamtibmas dan masyarakat bergotong royong membersihkan lingkungan dan membongkar beton yang menutupi selokan, serta menggali parit yang sudah dangkal,” terangnya.

Salah satu tokoh masyarakat Solihin menyampaikan, “Gotong royong ini merupakan langkah awal untuk memperbaiki selokan agar tidak menghambat ailiran pembuangan air. Di harapkan tidak ada genangan air lagi di jalan dan pemukiman masyarakat, ini juga kita lakukan untuk menghindari resiko adanya jentik nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD) jika banyaknya genangan air. Agar terhindar dari DBD tersebut maka kita memimalisir adanya genangan air,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.