Minimalisir Kasus PMK, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Turun Langsung Semprotkan Disinfektan Ke Kandang Ternak Warga

Lombok Utara, TripatNews – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-02/Tanjung bersama Bhabinkamtibmas Polsek Tanjung melaksanakan penyemprotan disinfektan pada kandang sapi untuk mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Desa Jenggala, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara, Kamis (7/7/2022).

Menurut Babinsa Jenggala Pelda I Gede Agus Suharjana, “kegiatan ini di lakukan sebagai upaya pencegahan, karena adanya indikasi penyebaran dan mengantisipasi PMK yang menyerang ternak warga, untuk itu kami melakukan penyemprotan desinfektan serta mensosialisasikan sekaligus melaksanakan pengawasan terhadap ternak yang terindikasi terjangkit atau yang belum, dengan tujuan mencegah untuk dapat meminimalisir penularan sampai ke wilayah Desa lain,” terangnya.

“Ini juga merupakan salah satu langkah dalam mengurangi dan mencegah penyebaran wabah penyakit PMK yang muncul di berbagai Daerah serta merupakan perintah dari komando atas dalam membantu peternak mengantisipasi wabah PMK. Kami menghimbau kepada semua peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan lingkungan, serta berperan aktif dengan selalu berkordinasi dengan pihak terkait baik itu Babinsa, Bhabinkamtibmas, serta Balai Karantina Hewan,” ujarnya.

“Kami juga turun langsung bersama Bhabinkamtibmas dan pihak terkait untuk bertemu dengan pemilik ternak di Desa Jenggala, guna menyampaikan kepada pemilik ternak yang memelihara sapi dan kambing untuk melakukan penyemprotan disinfektan di areal kandang. Jika menemukan gejala-gejala sakit pada hewan ternak di mohon untuk segera memberikan laporan kepada kami.” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.