Personel Gabungan TNI-POLRI dan Instansi Terkait Perketat Pengamanan Masuknya Hewan Ternak Jelang Idul Adha

Lombok Barat, TripatNews – Antisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak TNI-POLRI kuatkan Sinergitas, dalam hal tersebut TNI-Polri perketat pengamanan dan penanganan keluar masuknya hewan ternak di Posko Operasi Aman Nusa II Pelabuhan Lembar, Desa Lembar, Kecamatan Lembar, Lombok Barat (Lobar), Rabu (6/7/2022).

Dalam penanganan PMK yang melibatkan personil dari TNI, Polri, ASDP, Balai Karatina Hewan Kelas 1A Mataram dan Dinas Pertanian Lobar tersebut petugas gabungan melaksanakan penyemprotan desinpektan ke kendaraan roda empat seperti truk, puso, dan pickup muatan barang dan logistik serta roda dua yang baru keluar dari bongkar muat kapal.

Pada kesempatan itu personil dari Koramil 04/Gerung yang terlibat jaga Sertu I Nengah Wijaya Antara mengatakan, “Kami bersama dengan personil gabungan melaksanakan pengamanan di pelabuhan lembar, dengan tugas kami di lapangan mengecek kendaraan roda empat yang baru turun dari kapal dan langsung melakukan penyemprotan disinfektan guna meminimalisir terbawanya virus yang menjadi penyebab PMK pada hewan ternak tersebut dari kendaraan yang mengangkut,” ucapnya.

“Kami juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di pelabuhan supaya tetap menperhatikan protokol kesehatan yang telah di terapkan oleh pemerintah. Dan sejauh ini dalam melaksanakan pengamanan belum menemukan kendaraan pengangkut hewan ternak yang memasuki wilayah Pulau Lombok dari Pelabuhan Lembar. Jikalau pun itu terjadi kami bersama petugas kesehatan dari Balai Karantina Hewan dan KKP, bila kita menemukan kendaraan pengangkut hewan ternak yang tidak di lengkapi dokumen (SKKH), maka akan kita minta kembali ke asalnya,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *