Cek Ketersedian Pupuk, Babinsa Dampingi Petugas Balitbang BPTP NTB Sidak Toko Perlengakapan Pertanian

Lombok Barat, TripatNews – Babinsa Koramil 08/Narmada, Kodim 1606/Mataram melaksanakan Pendampingan Petugas Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Nusa Tenggara Barat (NTB) di Kios Benih dan Pupuk UD. Mustari, Desa Presak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Kamis (23/6/2022).

Babinsa Desa Peresak Sertu M. Humaidi mengatakan, “Pendampingan Petugas Balitbang BPTP NTB di UD Mustari guna memastikan berbagai pupuk yang tersedia,  diantaranya Urea, ZA, Ponskha, Pupuk Organik serta berbagai obat-obatan tanaman serta alat alat pertanian yang lainnya. Dengan adanya kegiatan pengecekan tersebut akan mengetahui ketersediaan pupuk dan alat alat pertanian ditoko tersebut dalam memenuhi kebutuhan petani wilayah Desa Peresak,” terangnya.

“Untuk masa tanam periode kedua untuk tujuh Kelompok Tani (Poktan) yang ada di Desa presak, masalah pendampingan program ketahanan pangan bagi masyarakat petani tentunya tidak hanya lahan persawahnya saja yang kita perhatikan, namun berbagai sarana pendukung harus kita kawal sehingga petani tidak kesulitan saat membutuhkan berbagai alat dan bahan penukung dalam mengolah lahan miliknya,” tegas Babinsa Peresak.

Ia juga menambahkan, “Jangan sampai pupuk maupun obat-obatan tiba-tiba hilang dipasaran karena ulah pihak tertentu atau harganya dimainkan, untuk itu sirkulasi dan ketentuan harga eceran terendah (HET) sudah dibuat agar tidak memberatkan petani, bahkan ada pupuk yang memperoleh subsidi dari pemerintah, untuk itu keberadaannya harus selalu kita amankan, sehingga petani tidak kesulitan saat membutuhkan pupuk dan sarana pendukung pertanian lainnya,” tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Petugas Balitbang BPTP NTB Darwis yang turun langsung mengapresiasi kinerja  Koramil 08/Narmada bersama jajaran Babinsa yang menggalakan perintah dari Danramil 1606-08/Narmada Kapten Inf. Asmoro Adi S, dalam melakukan berbagai kegiatan demi menunjang kesejahteraan masyarakat Seperti yang dilukan Babinsa Presak Sertu M. Humaidi ini.

“kami sebagai petugas Balitbang BPTP NTB memastikan stok pupuk dan perlengkapan pertanian bersama Babinsa terpenuhi dalam menunjang petani wilayah Narmada. Pendampingan pertanian ini terus kita lakukan tidak hanya di masa tanam saja, kita dampingi para petani mulai dari pengecekan bibit, ketersedia pupuk dan obat-obatan, pengolahan lahan sampai masa panen tiba. Semoga dengan pendampingan para Babinsa ini Hasil panen petani meningkat, serta hasil panen meningkat prekonomian warga akan meningkat pula,” pungkas Darwis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.