BeritaBerita UtamaBinkamDaerahEkbisKabar DesaLombok BaratNTBPendidikanPeristiwaSosial BudayaWisata

Budidaya Tanaman Anggur, Samuji Berharap Bisa Menjadikan Dusun Bagek Nunggal Sebagai Desa Agrowisata Petik Anggur

×

Budidaya Tanaman Anggur, Samuji Berharap Bisa Menjadikan Dusun Bagek Nunggal Sebagai Desa Agrowisata Petik Anggur

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, TripatNews – Selain sebagai tanaman, pohon anggur merupakan tanaman yang bisa menjadikan komoditas yang menghasilkan. Tanaman anggur merupakan pohon asli eropa, namun saat ini sudah banyak dibudidayakan salah satunya di indonesia, seperti yang dilakukakan oleh Samuji di Dusun Bagek Nunggal Barat, Desa Peteluan Indah, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat (Lobar).

Kegiatan yang dilakukan tersebut guna menunjang Program Ketahanan Pangan bagi masyarakat Desa Peteluan indah hususnya. Dimana tanaman anggur cukup mudah dibudidayakan.

Samuji mengatakan, “tanaman ini tidak begitu rumit dalam pemeliharaannya. Saya juga banyak di bantu oleh Babinsa dalam perawatan dan pemeliharaannya. Kami mencoba membuat tanaman anggur di wilayah Bagek Nunggal ini untuk membuktikan bahwa tanah kami juga cocok untuk tanaman ini, Babinsa terus memberikan pengetahuan seputar perawatan tanaman ini,” tuturnya.

Dalam melakukan pendampingan sekaligus pengecekan tunbuh kembang tanaman anggur ini, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1606-08/Narmada Serda Muhasim mengatakan, “pemantauan ini rutin dilakukan dikarenakan perawatannya susah susah gampang, di perlukan perawatan yang sangat insentif, dan saat ini kami lihat tanaman anggur mulai subur, mudah-mudah mengahasilkan buah yang banyak nantinya,” jelasnya saat memberikan laporan, Selasa (17/5/2022).

“Memang mebutuhkan proses panjang untuk mendapatkan hasil yang maksimal, terlebih bibitnya impor semua, namun dengan tekad yang kuat semua bisa dilakukan oleh Bapak Samuji,” ucapnya.

“agar tanaman agur bisa bagus, daun-daun anggur yang sudah mulau tua harus di pangkas, supaya anggur cepat berbunga dan bisa mengeluarkan buah yang banyak seperti apa yang kita harapkan. Tanaman anggur ini sudah berumur tiga bulan, dengan luas lahan tanam 16 are dan menurut saya ini lahan yang cukup luas untuk membudidaya anggur, ini juga mungkin bisa dinkembangkan menjadi agrowisata kedepannya.” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *