Binkam

Hari Raya Waisak di Lombok Barat, 350 Personel TNI-Polri Diturunkan

×

Hari Raya Waisak di Lombok Barat, 350 Personel TNI-Polri Diturunkan

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Umat Buddha di Lombok Barat merayakan Hari Waisak 2022 atau 2566 BE Senin, (16/5). Pelaksanaan hari raya Waisak di enam Vihara yang tersebar di wilayah Mareje dan Sekotong berjalan aman, lancar dan khidmat.

Sebanyak 350 Personel TNI dan Polri di terjunkan untuk mengamankan jalannya hari raya bagi umat Buddha tersebut.

Kapolres Lobar, Polda NTB, AKBP Wirasto Adi Nugroho mengatakan, pihaknya bersama Dandim 1606 Mataram Letkol Arm Arif Rahman memantaunya langsung.

Bersama jajaran Forkompincam meninjau langsung jalannya perayaan hari raya Waisak di Desa Mareje. Warga Mareje yang sudah pulang ke rumah masing-masing pun mengikuti hari raya Waisak dengan aman dan lancar.

Untuk pengamanan ibadah waisak di wilayah Lobar terdapat 6 vihara diantaranya lima vihara di desa Mareje dan satu di Sekotong. Melibatkan personel dari Polda, Kodim dan Polres sebanyak 350 personel.

“Secara keseluruhan Sebanyak 350 personel dilibatkan dalam pengamanan perayaan hari raya Waisak. Yang terbagi, baik di pam tempat ibadah (vihara), patroli, deteksi lapangan dan penjagaan perbatasan,” terang Kapolres, Senin (16/5/2022).

Pasca kepulangan warga ke rumahnya, situasi warga masyarakat Mareje hidup aman, kondusi, rukun dan damai. Warga membaur baik antara kelompok dan untuk lebih merekatkan warga masyarakat, besok (hari Rabu red) akan diadakan Roah atau makan bersama. Oleh dua warga yang sempat salah paham supaya lebih akrab dan rukun kembali. “Nanti akan diadakan Roah,”Kata dia.

Sementara itu, Dandim 1606 Mataram Letkol Arm Arif Rahman mengatakan pihaknya turun memantau jalannya pengamanan Perayaan hari raya Waisak.

Pihaknya mengunjungi empat Vihara yang ada di Desa Mareje Kecamatan Lembar dan satu Vihara yang ada di Dusun Lenong, Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong Senin (16/5/2022).

Pihaknya turun dalam rangka meyakinkan keamanan pelaksanan kegiatan lbadah Hari Raya Waisak 2566 BE/2022 Umat Budha.

Pada kegiatan tersebut, Dandim 1606/Mataram Letkol Arif Rahman berharap bisa memberikan kenyamanan dan keamanan kepada masyarakat Desa Mareje Kabupaten Lombok Barat,

“Khususnya Umat Budha selama melaksanakan ibadah perayaan Hari Suci Waisak, dapat berjalan dengan aman dan tertib. Walaupun pelaksanaannya secara sederhana,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *