Minimalisir Limbah Kotoran Ternak, Ketua Poktan Pade Mauk Bersama Babinsa Koramil 07/Gunungsari Olah Limbah Jadi Pupuk Organik

Lombok Barat, TripatNews – Mendukung program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan, khususnya swasembada pangan, Babinsa Koramil 07/Gunungsari Kodim 1606/Mataram melaksanakan pendampingan dalam pembuatan dan pengolahan pupuk organik. Kegiatan tersebut dilakukan di Salah Satu Kelompok Tani (Poktan) Pade Mauk, Desa Midang, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat, Jum’at (1/4/2022).

Serda Ruslan Babinsa Koramil 07/Gunungsari Kodim 1606/Mataram yang melakukan pendampingan ketahanan pangan bersama sejumlah Babinsa Koramil 07/Gunungsari dan Ketua Poktan H. Masrun membuat pupuk organik melalui pupuk kandang yang dicampurkan bersama sekam padi.

Serda Ruslan Babinsa Koramil 07/Gunungsari Kodim 1606/Mataram mengatakan, “pendampingan kepada kelompok tani merupakan kegiatan rutin yang merupakan tugas sebagai aparatur kewilayahan, dengan membantu para petani dalam hal pertanian. Kegiatan Pembuatan pupuk organik yang dikerjakan oleh Babinsa ini merupakan wujud kemanunggalan TNI bersama rakyat”, katanya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Poktan H. Masrun mengatakan, “Kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa ini sangat membantu kami sebagai petani sayuran dan buah dalam memanfaatkan pupuk kandang yang di olah menjadi pupuk organik sebagai media tanam,” jelasnya.

“Dengan pengolahan limbah pupuk kandang ini semoga pencemaran pada aliran sungai dapat diminimalisir sehingga aliran sungai juga bisa di manfaatkan oleh masyarakat sebagi media pemeliharaan ikan selain digunakan untuk aliran irigasi ke lahan pertanian,” Tutupnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.