Integrasikan Posyandu Keluarga Dengan Vaksinasi, Promkes Dikes Lobar Gencarkan Sosialisasi Vaksinasi Lansia dan Booster

Lombok Barat, TripatNews – Pelaksanaan Bulan Penimbangan Balita (BPB) yang terintegrasi dengan pemberian Vitamin A dilaksanakan Puskesmas Kediri di Desa Gelogor, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Senin (7/2/2022).

Pelaksanaan BPB dan Pemberian Vitamin A Balita di Lobar khususnya Puskesmas Kediri di mulai awal Bulan Februari dan kedua nanti Awal Bulan Agustus Tahun 2022.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) melalui Kepala Seksi Promosi Kesehatan (Promkes) Kabupaten Lobar, Muhammad Zainudin mengatakan, “diharapkan kepada semua camat dan lurah untuk mendukung pelaksanaan BPB ini. Tentunya berdasarkan ketentuan dan disesuaikan pada masa pandemi COVID-19 terlebih dengan masuknya varian Omicron di Nusa Tenggara Barat (NTB) khusunya wilayah Lobar, walau belum ada yg terkonfirmasi Omicron namun Dikes Lobar terus melaksanakan segala upaya dan antisipasi tidak melonjaknya kasus di Lobar. Untuk itu kita tiak fokus kepenangan dan antisipasi COVID-19 saja tanpa mengindahkan program-program lain seperti BPB ini. Tanpa surat edaran pun kegiatan tersebut sudah terstruktur dan sudah biasa dilakukan di semua posyandu-posyandu. Jadi otomatis akan dilaksanakan mengingat saat ini sudah Bulan Ferbruari, kegiatan tersebut meliputi Pengukuran panjang badan, pemberian Vitamin A, dan obat cacing”, terangnya.

Ia juga menambahka, “mungkin yang perlu saat ini kita laksanakan adalah meberikan himbauan ke masyarakat untuk selalu ke posyandu agar pemberian Vitamin A berjalan kancar, serta tidak menutup kemungkinan dibarengi dengan pemberian vaksinasi Booster bagi masyarakat guna menambah Imunitas dalam membentengi diri dari kasus Omicron, kami juga terus melaksanakan imbauan untuk lansia guna melaksanakan Vaksinasi Dosis ke 2, dimana kita ketahui Vaksinasi Dosis Ke 2 Bagi Lansia baru mencapai 4%, untuk itu kita berharap melalui posyandu lansia kita bisa melayani vaksinasi Tahap II bagi lansia dan Booster bagi yang telah menerima Dosis ke 2 sehingga semua pelayanan terintegrasi di Postyandu,” tambahnya.

DeQ Astie salah serorang petugas promkes Puskesmas Kediri saat di konfirmasi menyampaikan, “Pelayanan Posyandu di wilayah kerja Puskesmas Kediri selalu kita terapkan protokol kesehatan ketat mengingat semakin tingginya kasus COVID-19 di NTB, yaitu dengan tetap menggunakan masker, mengatur jumlah pengunjung, dan menjaga jarak pengunjung saat antrian pemeriksaan. Selain pelayanan posyandu balita dengan pemberian Vitamin A, Pengukuran Panjang Badan, dan Obat Cacing Bagi Anak-anak di atas dua tahun. Puskesmas Kediri juga tetap melaksankan posyandu terintegrasi yakni pemeriksaan untuk remaja dan lansia.” tandasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.