Tingkatkan Mutu Pelayanan Posyandu, TP PKK Lobar Gelar Lomba PMT Bagi Bayi dan Balita

by -38 views

Lombok Barat, TripatNews – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Lombok Barat (Lobar) Menggelar Lomba Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Pada Bayi dan Balita yang diikuti oleh kader Posyandu Binaan TP PKK di 10 Kecamatan se Kabupaten Lobar yang bertempat di Aula Utama Bupati Lobar, Gerung, Rabu (17/11/2021).

Lomba kuliner dan lomba cipta menu dinilai oleh tiga dewan juri yang berasal dari head chef dan food desain salah satu hotel berbintang di kawasan wisata senggigi, serta ahli gizi dari Dinas Kesehatan Lobar bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Lobar Hj. Khaeratun Fauzan Khalid.

Kegiatan lomba tersebut diikuti oleh 33 peserta ibu ibu dari Posyandu Binanan TP PKK di 10 Kecamatan se Kabupaten Lobar, dan dihadiri oleh Asisten I  Agus Gunawan, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lobar  Hj. Nurhikmah Baihaqi, serta perwakilan Anggota TP PKK Kecamatan, dan Desa se Lobar.

Peserta masing-masing membawa hasil yang sudah jadi dan siap untuk di sajikan untuk di nilai oleh ketiga dewan juri, dengan hasil olahan makanan yang dikemas sedemikian rupa dan kriteria masakan yang memang cocok diperunukan sebagai PMT untuk bayi dan balita, yakni karbohidrat, Protein, dan sayur-sayuran yang berasal dari menu olahan non beras non tepung.

Ketua TP PKK Lobar Hj. Khaeratun Fauzan Khalid menyampaikan, “Tujuan kegiatan ini dalam mengoptimalkan pelayanan posyandu keluarga, dan mempererat tali silaturahim antar TP PKK se Lobar. PMT ini adalah salah satu program TP PKK untuk menunjang dan mengetahui gizi yang berkualitas untuk maknan yang di konsumsi  oleh sasaran posyandu dalam hal ini ibu hamil, bayi yang sudah MPASI, serta balita yang berusia dibawah 5 tahun, dengan berbasis Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) dan ini juga termasuk indicator dalam mengurangi stunting,” jelasnya.

ia juga  minta dan berharap, “kepada TP PKK agar lebih meningkatkan mutu, pelayanan  posyandu yang ada di Lobar, serta mendorong agar tercapainya harapan Pemerintah Daerah (Pemda) yaitu sinergitas dan berinovasi, semoga dengan adanya kegiatan ini lebih bermanfaat bagi seluruh peserta dan kader yang hadir, sehingga harapannya bisa menerapkanya pada  posyandu-posyandu yang di binanya, dengan harapan Kabupaten Lobar bisa menurunkan angka stunting,” tegasnya.

“dewan juri melakukan penilaian secara objektif dengan mempertimbangkan segala sesuatunya baik dari segi tampilan menu, penyajian menu, nilai gizi dalam menu, kelezatan menu dan lain sebagainya,” tambahnya.

Dikesempatan yang sama Asisten I Sekretariat Daerah Lobar Agus Gunawan yang mewakili Bupati Lobar menyampaikan, “terimakasih dan mengapresiasi  atas antusis dari seluruh peserta, ia juga meminta agar para pesera tetap semangat dalam mendukung program Pemda dalam menurunkan angka stunting melalui PMT yang bergizi dan berkualitas baik untuk dikonsumsi bagi bayi dan balita. Di sini bukan persoalan kalah atau menang, yang hadir disini semuanya terbaik” ungkapnya.

Dari 33 peserta yang mewakili 10 Kecamatan se Kabupaten Lobar ini, Posyandu Desa Lembuak Kecamtan Narmada menjadi Juara Pertama pada lomba tersebut, kemudian Desa Bajur Kecamatan Labuapi meraih Juara Dua, dan Desa Empol Kecamatan Sekotong sebagai Juara Ketiga. (YL)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.