Gelar Apel Siaga Bencana, Pemkot Mataram Bersama Kodim 1606/Mataram Atisipasi Badai La Nina

by -4 views

Mataram, TripatNews – Komando Distrik Militer (Kodim) 1606/Mataram bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait melaksanakan Apel Gabungan Siaga Bencana Alam dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi dampak perubahan cuaca di Kota Mataram yang bertempat di Pendopo Walikota Mataram Jl. Pejanggik Kota Mataram provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (7/11/2021).

Wali Kota Mataram H. Mohan Roslikana, S. Sos selaku pimpinan apel mengatakan, “akhir tahun ini memasuki musim penghujan yang ekstrem diakibatkan adanya pergerakan Badai LA NINA sehingga intensitas hujan tinggi yang disertai petir dan angin. Dalam hal ini Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram menggambil tindakan dengan kita membangun posko siaga dalam penanggulan bencana di lingkungan Pemkot Mataram, dan personilnya terdiri dari TNI-Polri, Basarnas, Pol PP, Dinas Kesehatan, dan harapannya seluruh personil yang sudah disiapkan ini, siap di gerakan kapan saja,”Terangnya.

“Saya mendapatkan laporan dari Dinas Pekerjaan Umum di wilayah yang debit airnya cukup tinggi sehingga berdampak dapat terjadinya genangan air yang cukup besar untuk itu kita harus siap hadir di tengah-tengah masyarakat dalam penanganan awal bencana alam mengingat posisi kota Mataram berada di bawah atau hilir paling rentan terdampak banjir. Saya ucapkan terimakasih kepada semua OPD terkait yang hadir dalam gelar apel siaga dan saya harap dapat bekerjasama dalam penanganan bencana alam yang sewaktu waktu dapat mengintai di wilayah Pemkot Mataram,”Ujarnya.

Di temui di ruang kerjanya Komandan Kodim (Dandim) 1606/Mataram Kolonel Arm Gunawan, S.Sos., M. T mengatakan, “Kegiatan apel dan gelar perlengkapan yang kita laksanakan ini selain bertujuan untuk memantapkan dan mensiap siagakan personil TNI, Polri atau instansi terkait, Selain itu juga dalam rangka membantu masyarakat dalam menghadapi kemungkinan terjadi nya bencana alam di negeri kita ini khususnya wilayah Pemkot Mataram dan dua Kabupaten wilayah kerja Kodim 1606/Mataram,”Jelasnya.

“Mengingat cuaca ekstream dan tidak bisa ditebak, dan terlebih dampak yang di timbulkan. Penanggulangan bencana alam harus di lakukan dengan menggunakan prinsip dan cara yang tepat dengan tujuan agar tidak terlalu berdampak buruk bagi para korban bencana, untuk itu dengan Gelaran Apel Gabungan bersama dalam mencegah hal terburuk dilapangan, hai ini kami mengecek kesiapan OPD terkait baik kesiapan personil, dan alat serta perlengkapan dalam melaksanakan tugas dilapangan nantinya,”Tegasnya.

Ia juga menambahkan, “Kami akan selalu bersinergi bersama TNI-Polri serta OPD terkait serta Pemkot Mataram dalam menghadapi cuaca yang mulai tidak bersahabat seperti yang kita lihat sekarang ini, untuk itu kita sebagai aparat harus peka dan siap terhadap cuaca terutama para Babinsa yang mempunyai wilayah yang sering terdampak banjir dan longsor, untuk itu Babinsa sangat berperan penting dalam menggerakan para wargannya untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan ke selokan air maupun kali dan sungai, guna menghindari hal hal yang tidak di inginkan,”Tandasnya. (YL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.