Polres Lobar Tingkatkan Kemampuan Personel Melalui TFG, Kesiapan Hadapi Pengamanan WSBK

by -0 views

Lombok Barat, NTB – Dalam memantapkan kesiapan pengamanan Gelaran Internasional World SuperBike (WSBK) championship, jajaran Polres Lombok Barat melakukan Latihan Tactical Floor Game (TFG) di Mapolres Lobar, Sabtu (16/10/2021).

Kapolres Lombok Barat, AKBP Bagus S. Wibowo, SIK melalui Kabag Ops AKP Dhafid Shiddiq, S.H.,S.I.K.,M.M  menjelaskan, sejatinya TFG ini dilaksanakan pada tanggal 8 dan 9 Oktober 2021.

“Namun, karena banyaknya kegiatan yang berfokus pada serbuan vaksin, sehingga kita laksanakan dari  kemarin dan hari ini,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Kabag Ops, Kasat Samapta, Kasat Lantas, dan Kasat Reskrim mempaparkan simulasi pengamanan dan penanganannya bila ditemukan kendala dalam penagamanan ini.

Lih lanjut, Kabag Ops menjelasakan bahwa TFG ini digelar dalam rangka Pengamanan dan Pengawalan Jalur Kedatangan WSBK di Lombok Barat.

“Tujuannya adalah agar nantinya personel dapat memahami peranan dan fungsinya masing-masing, saat kedatangan World Superbike Championship,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Kabag Ops memaparkan contoh Teknis Pengawalan dan Pengamanan baik logistic WSBK, maupun pengamanan peserta itu sendiri.

“Sehingga dalam pengamanan nantinya, menentukan satu Persepsi dalam perencanaan pengamanan, untuk menghindari adanya Hambatan, dalam pengamanan,” ucapnya.

Melalui pelatihan ini, sehingga personil telah mengetahui peran dan fungsinya masing-masing menjelang terselenggaranya WSBK ini.

“Lombok Barat merupakan merupakan sebagai Jalur lintas laut dalam Pendistribusian Logistic WSBK,  yaitu  di Pelabuhan Gilimas Lembar,” katanya.

Selain itu, ditegaskan pula bahwa, dalam pengamanan WSBK ini, merupakan Pengamanan Standart Internasional, sehingga ini dipersiapkan semaksimal mungkin oleh Jajarannya.

Sedangkan materi yang disampaikan antara lain meningkatkan kemampuan personel dalam mengahadapi situasi tertentu dalam pengawalan logistic WSBK ini.

“Seperti cara menangani kecelakaan alalulintas dalam pengawalan logistic WSBK, Pengamanan dan Pengawalan Tamu VVIP, dan Standar Operasional Prosedur  Pengendalian Massa,” tandasnya.

Sehingga melalui Tactical Floor Game (TFG) ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Personel dan penyamaan persepsi dalam cara bertindak dilapangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.