Laksanakan Pembinaan Lingkungan Hidup, Pemda Lobar Bersama Kodim 1606/Mataram Menanam Pohon Mangrove

by -3 views

Lombok Barat, TripatNews – Dalam kegiatan pembinaan Lingkungan Hidup Komando Distrik Militer (Kodim) 1606/Mataram Tahun Anggaran 2021, Kodim 1606/Mataram melaksanakan kegiatan penanaman Mangrove yang dihadiri oleh Wakil Bupati Lobar Hj. Sumiatun, Komandan Kodim (Dandim) 1606/Mataram yang diwakili oleh Kasdim 1606/Mataram Letkol Arm. Yudia, Wakapolres Lobar Kompol Taufiq, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lobar Budi Darmajaya, Dinas Kelautan dan Perikanan Lobar, BPBD Lobar, Pol PP Lobar, Camat Sekotong, Polsek Sekotong, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXV/Kodim 1606/Mataram, Ormas, Anggota Pramuka SMAN 1 Sekotong dan SMK 1 Sekotong di Desa Cendi Manik, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Selasa (12/10/2021).

Dandim 1606/Mataram melalui Kasdim 1606/Mataram Letkol Arm. Yudia, S.Si. M.Si dalam sambutannya mengatakan, “kegiatan penanaman mangrove yang dilaksanakan oleh Kodim 1606/Mataram bekerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Nusa Tenggara Barat (NTB), Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) NTB dan instansi terkait yaitu Pemerintah Daerah (Pemda) Lobar dalam hal ini DLH serta Ormas yang tergabung dalam Pokmas Bagek Kembar pengelola Ekowisata Mangrove. Penanaman mangrove yaitu membantu program pemerintah dalam melaksanakan gerakan Indonesia menanam pohon, menjaga dan melestarikan lingkungan hidup serta mengurangi dampak pemanasan global,” jelasnya.

“Kegiatan penanaman mangrove ini mengambil tema Bersinergi Dalam Menjaga dan Melestarikan Lingkungan, untuk hal itu melalui penanaman mangrove ini, kami mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menumbuhkan kesadaran dan kepedulian dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup mulai dari pekarangan rumah, pesisir pantai sampai dengan daerah hutan yang ada di sekitar kita untuk ditanami pohon kembali,” tegasnya.

“Kegiatan penanaman pohon maupun mangrove yang dilaksanakan hari ini merupakan wujud nyata yang dapat kita perbuat guna melestarikan lingkungan hidup meskipun dengan jumlah lahan dan bibit yang terbatas, tetapi bila kita rawat dan pelihara dengan baik Insyaallah dikemudian hari tanaman ini dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sehingga nantinya dapat memberikan dampak positif untuk mewujudkan lingkungan yang sejuk, nyaman dan sehat yang dapat dinikmati oleh anak cucu kita dikemudian hari,” tambahnya.

Kasdim 1606/Mataram mengajak dan menghimbau untuk bersama-sama mewariskan budaya menanam pohon secara berkelanjutan guna mewujudkan pelestarian lingkungan bagi seluruh mahluk hidup dimuka Bumi ini. (YL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.