Daerah

Target Vaksinasi 370.000 Masyarakat Dalam 10 Hari, Pemda Bersama TNI POLRI Siapkan 150 Nakes Yang Siap Sukseskan Vakasinasi

×

Target Vaksinasi 370.000 Masyarakat Dalam 10 Hari, Pemda Bersama TNI POLRI Siapkan 150 Nakes Yang Siap Sukseskan Vakasinasi

Sebarkan artikel ini

Gerung, Lombok Barat – Bupati Lombok Barat (Lobar) H. Fauzan Khalid bersama Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1606/Mataram Kolonel Arm Gunawan, Kapolres Lobar AKBP Bagus Satrio Wibowo memberikan arahan untuk Kepala Desa se Kabupaten Lobar terkait Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 di Aula Kantor Bupati Lobar, Gerung, Selasa (28/9/2021).

Kegiatan arahan ini juga dihadiri oleh para asisten, Kepala OPD Lobar, Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Lobar.

Bupati Lobar H. Fauzan Khalid menjelaskan tujuan utama dari kegiatan ini ialah penyampaian beberapa progres terkait dengan persentase vaksin di Kabupaten Lobar serta adanya penyampaian mengenai hal yang sedang dan akan dilakukan untuk mengejar persentase dari vaksinasi tersebut.

“Seringkali kita berkeluh kesah mengenai dampak yang kita rasakan akibat dari COVID-19 ini. Adapun dampak yang paling sering dikeluhi ialah dari sisi ekonomi atau anggaran pemerintah yang tidak sebanyak dulu. Oleh karena itu perlu adanya kerjasama dari semua pihak untuk mengatasi dampak tersebut yang dimana salah satunya adalah mengejar persentase vaksinasi.” tuturnya.

Ia juga mengatakan bahwa kemarin Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Tengah telah digencarkan vaksinasinya akan tetapi prosesnya cukup lama dikarenakan pendaftaran yang langsung ditempat yang mengakibatkan lambannya proses penginputan data kedalam system pencatatan dari kementerian kesehatan.

“Setelah Kabupaten Lombok Tengah selesai, selanjutnya yang akan dikejar vaksinasi yakni Kabupaten Lobar. saya mengatakan kepada Komandan Korem (Danrem) 162 Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal,  bahwa kami bisa selesai dalam waktu lima hari dalam melaksakan vakinasi ini, dengan syarat semua yang telah kami rencanakan dapat berjalan dengan baik seperti pendaftaran yang tidak langsung ditempat sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama. Kami bersama Dandim 1606 Mataram dan Kapolres Lobar sangat berharap program ini dapat sukses agar kedepannya kondisi Indonesia, khususnya Kabupaten Lobar menjadi lebih baik dimana juga saat ini Lobar sudah menjadi Level 1 dalam PPKM se Nusa Tenggara Barat,” tambahnya.

Dandim 1606 Mataram Kolonel Arm Gunawan dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan “enam hal diantaranya yaitu yang pertama ialah kita semua harus bekerjasama untuk mencapai satu tujuan, kedua ialah kita harus bekerja luar biasa, dimana jika target vaksinasi Lobar adalah 70% dan jika bisa target dinaikan menjadi 90%, ketiga Lobar memiliki angka sebagai target yang di tetapkan, dan sebisa mungkin angka-angka tersebut dapat tercapai. Keempat saya berharap bahwa semuanya dapat bekerja sama dengan sungguh-sungguh, kelima pendataan registrasi yang baik cepat tepat dan akurat untuk validasi penerima vaksinasi harus menjadi yang utama, dan terakhir ialah dengan sinergitas bersama Pemerintah Daerah, TNI POLRI, serta peran serta kita bersama pasti bisa,” tegasnya.

“Jika kita tidak memiliki kerjasama yang baik dan cerdas kita tidak akan dapat mencapai hasil yang maksimal.” Tambahnya.

Kapolres Lobar AKBP Bagus Satrio WIbowo senada dengan Dandim 1606 Mataram berharap kepada semua pihak untuk dapat ikut membantu dengan segala upaya dalam mejalankan amanah untuk  meningkatkan persentase vaksinasi di Wilayah Lobar ini.

“Tugas utama kita sebagai wakil dari rakyat ialah melindungi, melayani dan menyelamatkan masyarakat kita,” Jelasnya.

Ia menambahkan, “berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 14 Tahun 2021 menyatakan bahwa, masyarakat yang tidak divaksin akan sulit untuk mendapatkan bantuan sosial serta pelayanan untuk kepentingan masyarakat nantinya. Seringkali warga-warga protes karena tidak mendapatkan bantuan dan pelayanan akan tetapi ketika disuruh untuk vaksin agar mereka mendapatkan bantuan serta layanan tersebut mereka pasti menolak. Terdapat sekitar 370.000 warga Lobar yang harus sudah tervaksinasi dalam kurun waktu 10 hari nanti, dan sudah ada 150 Tim Tenaga Kesehatan (Nakes) yang siap melayani vaksinasi kepada masyarakat Lobar ini, yang nanti ketika vaksin telah datang,” Tambahnya.

Ia juga sangat mengharapkan, “koordinasi yang baik antara kepala desa, Nakes serta pihak terkait mengenai data warga yang akan divaksinasi agar data-data tersebut dapat terinput dengan baik.” Tutupnya. (YL)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *