DP2KBP3A Gelar Pembinaan Dalam Memantapkan Tim Pendamping KB dan Penyuluh

by -13 views

Gunungsari, Lombok Barat –  Bupati Lombok Barat (Lobar) H. Fauzan Khalid hadiri pembinaan lini lapangan penyuluh Keluarga Berencana di Aula Kebon Radja Dusun Ireng Lauk, Desa Jatisela, Kecamatan Gunungsari, Senin (27/9/2021).

Kegiatan Orientasi penguatan penyuluh yang dilaksanakan di Lesehan Kebon Radja Gunungsari di hadiri oleh Plt. Kepala BKKBN NTB Drs. Sama’an, Kepala DP2KBP3A Lobar Ramdhan Haryanto, Kepala UPT KB  dan penyuluh KB Se Kabupaten Lobar.

Dalam laporannya Kabid P4 dinas DP2KBP3A tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah, “untuk Meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap terkait program kependudukan, Keluarga Berencana dan pembangunan keluarga khususnya di Lobar.  Meningkatkan koordinasi dan semangat dalam menjalankan tugas dan mewujudkan tujuan dan program yakni untuk mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga berkualitas melalui pengaturan kelahiran anak, jarak Dan usia ideal melahirkan serta mengatur kehamilan,” jelasnya.

Plt. BKKBN NTB Drs. Sama’an dalam kesempatan tersebut juga meyampaikan, “Program Bangga Kencana merupakan salah satu program dari BKKBN yang berfokus untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas di Indonesia,” ungkapnya.

“Dalam pemaparannya yang mengacu pada pada perpres no 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan angka stunting yang dimana BKKBN berperan penting dalam menjalankan program pemerintah baik itu penurunan angka stunting maupun program Keluarga Berencana lainnya,” Tambahnya.

“dalam melaksanakan program Keluarga Berencana perlu memantapkan Tim pendamping KB di seluruh kabupaten/kota dengan memberikan pengarahan terkait bahaya stunting, manfaat dari KB dan program-program pemerintah lainnya yang didukung oleh semua pendamping yang terbentuk di masing-masing desa dengan tetap mengkoordinasikan di tingkat desa”, imbuhnya.

Bupati Lobar H. Fauzan Khalid berpesan kepada para penyuluh KB dan pendamping agar melaksanakan kegiatan dalam mensosialisasikan program yang dilaksanakan agar menciptakan masyarakat yang sejahtera dan sehat serta mandiri dalam mendukung aktifitas sehari-hari.

Dengan peran penyuluh KB pada masa ini yang memiliki andil penting karena merupakan salah satu pekerjaan yang bergerak di hulu,yang tidak hanya mengacu pada satu program saja akan tetapi semua program pemerintah agar setiap program yang dilaksanakan bisa menjadi trending topik untuk memberikan pemahaman tentang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat dengan melibatkan TP-PKK, dan aparat yang terkait. (YL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.