Binkam

Tim Puslitbang Polri Lakukan Pendalaman Responden di Polres Lobar, Untuk Ketahui Korelasi antara Petugas dengan Masyarakat

×

Tim Puslitbang Polri Lakukan Pendalaman Responden di Polres Lobar, Untuk Ketahui Korelasi antara Petugas dengan Masyarakat

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat – Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri melaksanakan Penelitian dan Supervisi tentang “Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Kinerja Polri” T.A. 2021 di wilayah Polres Lombok Barat dan jajarannya.
Tim Puslitbang Polri dipimpin oleh Sespuslitbang Polri Kombes Pol. Drs. Iswyoto Agoeng L. Doeta, M.Si. dengan anggota Bripda Deden Wahyudin (Supervisi), Kombes Pol. Saefuddin Mohamad, S.I.K. dengan tiga anggota tim yaitu AKBP Hanafiah Nembo dan Penda Tk.I M. Saefullah Rohman, S.S., M.A. (Konsultan) dan Penata Muda Tegawati, A.Md. (penelitian Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Kinerja Polri), yang didampingi oleh anggota Biro Rena Polda NTB Kabag Kasubbag Renmin I Wayan Suteja, S.H.
Tim diterima oleh Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus S. Wibowo SIK, beserta Jajarannya, yang selanjutnya melaksanakan Penelitian melaui kuisioner terkait dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri.
Kapolres menjelaskan, maksud dan tujuan penelitian dari Pusat langsung ke daerah Kewilayahan ini adalah untuk menganalisis, memperoleh data, fakta dan Informasi.
“Serta masukan dari Publik terkait dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri, khususnya pada fungsi Reskrim, Intelkam, Lantas, Binmas dan Samapta,” ungkapnya.
Untuk mendukung kegiatan ini, Polres Lombok Barat telah mengundang beberapa Responden dari masyarakat, sesuai permintaan.
“Diharapkan Responden yang didatangkan sesuai dengan kebutuhan penelitian, serta akan memberikan dukungan semaksimal mungkin sehingga apa yang menjadi tujuan di Polres Lombok Barat dapat tercapai,” ucapnya.

Adapun Penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan Metode pengumpulan data dari Responden yang mengisi kuesioner secara Online melalui Link sesuai Fungsi Kepolisian, pada masing-masing fungsi.
“Sebanyak 30 Responden diluar Anggota/ASN lingkungan Polri, dalam hal ini khusus untuk Fungsi Reskrim adalah Responden yang pernah berurusan dengan Proses Penyidikan antara lain Saksi, Korban, Tersangka, Tahanan dan Pengacara,” imbuhnya.

Ka tim penelitian Kombes Pol. Drs. Iswyoto Agoeng Lesmana Doeta, M.Si., menjelaskan kegiatan ini dalam rangka Penelitian tingkat kepercayaan Publik terhadap kinerja Polri di Polres Lombok Barat.
“Penelitian terhadap kinerja Polri di Polres Lombok Barat, meliputi Fungsi Binmas, Reskrim, Intel, Lantas dan Sabhara,” ungkapnya.
Terkait hasil penelitian dua tahun terakhir , khusus Polda NTB pada tahun 2019 menempati Posisi ke 28 dan Pada tahun 2020 berada diperingkat 15 dimana untuk tahun 2021 sudah mendapatkan hasil / jawaban dari Link Kuesioner.
“Hasil jawaban dari Link Kuesioner sudah diperoleh, yang telah diisi oleh masing – masing Responden namun untuk menambah keyakinan, Tim perlu melakukan pendalaman melalui wawancara,” pungkasnya.
Dalam penelitian ini, diharapkan agar memberikan keterangan senyata mungkin untuk hasil yang baik di Polres Lombok Barat.

Sementara itu, Ketua tim penelitian Kombes Pol Saefuddin Mohamad, S.I.K. menjelaskan hasil Survei pelayanan Publik di Polres Lombok Barat berdasarkan link Kuesioner yang telah dikirim.
“Hasilnya Polres Lobar mendapat peringkat pertama / Nilai tertinggi dari Jajaran Polres lain di Polda NTB, untuk selanjutnya akan dilakukan Wawancara kepada Fungsi Pelayanan,” ujarnya.
Selain itu pendalaman dilakukan terhadap masing – masing Responden, sehingga korelasi antara Petugas dengan Masyarakat dapat diketahui.
Selanjutnya kegiatan tim dilanjutkan dengan mengadakan Focus Group Discussion (FGD) baik kepada para Responden maupun Terhadap masing-masing Fungsi Kepolisian.
Ini dilakukan untuk menguatkan fakta-fakta pelaksanaan Pelayanan, kemudian bisa memberikan timbal balik berupa masukan yang baik sebagai penunjang Tugas Kepolisian dikemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *